Keseruan Cooking Class with YONG MA di Bulan Juni 2023

Halo Sobat Mbak Lala, gimana puasanya? Semoga lancar dan maksimal ya. Mau sedikit cerita terkait pengalaman mengikuti event cooking class with YONG MA brand terkemuka buat para ibu dan wanita tentunya. Jadi pas bulan Juni 2023, mbak Lala dan 7 orang undangan kami tuh berkesempatan mengikuti cooking class di kantor YONG MA berlokasi di Jalan Radio Dalam daerah Jakarta Selatan.

Cooking Class with YONG MA akan berlangsung pada pukul 10.00 pagi dan Mbak Lala berangkat dari kota Bogor sekitar pukul 08.00 dan alhamdulillah jalanan kali itu lancar banget. Turun dari KRL di stasiun Tanjung Barat, kemudian lanjut naik ojeg online sampai depan lokasi. Jadi peserta pertama yang sampai, sambil nunggu peserta lain, tim YONG MA ngajakin ngobrol dan memberikan suguhan roti serta air mineral, mereka sangat ramah dalam menjamu tamu.

Dress code acara kala itu warna pastel, ruangan buat cooking class sangat terasa nyaman dan mumpuni dilengkapi elektronik YONG MA. Setelah peserta lengkap, kami ber-8 di pandu untuk ke area masak per banch isi 2 orang. Kala itu saya satu banch sama kak Dian, baru kenal di lokasi dan udah akrab aja gitu. Seru memang kalau datang ke event seperti ini, nambah kenalan dan relasi yang sangat positif. Ternyata salah satu peserta merupakan tetangga, beda gang aja, masya Allah jadi nambah kenal nih sama tatangga.

Kala itu, kami ber-8 di pandu sama chef Sofia, seorang chef wanita berhijab yang sangat telaten dan masih muda. Keren ya, muda bertalenta. Cooking Class with YONG MA ini rencana nya akan berlangsung sampai jam 3 sore. Tentu dengan ada break ISHOMA, beneran padet karena kita akan membuat 3 menu sekaligus. Kebayang yaa, rasanya kaya lagi belajar masak secara private banget, seruu deh.

Menu pertama yang akan dibuat yaitu ROASTED CHICKEN. Mendengar namanya saja sudah kebayang nikmat banget. Masing-masing mendapatkan 1 ekor ayam yang sudah bersih, kemudian chef mengajarkan teknik marinasi, supaya bumbu meresap keseluruh lapisan daging ayam.

BAHAN ROASTED CHICKEN ala Chef Sofia :

1 ekor Ayam Utuh
200gr Mentega
1 ½ sdm Kaldu Jamur
1 sdm Oregano
1 sdm Lada
1 sdm Bawang putih cincang
2 sdm Bubuk Cabai
2 sdm Paprika Bubuk
1 sdt Rosemary
1 sdm parsley
Sayuran Isian Ayam
Kentang sesuai selera
Wortel sesuai selera
Bawang Bombay sesuai selera, sebaiknya agak banyak biar aromatik
Lemon secukupnya

Membuat Rosted Chicken ala Chef Sofia

  1. Masukkan mentega, bawang putih cincang, kaldu jamur, rosemary, oregano, paprika bubuk, cabai bubuk, parsley yang dicindang halus dan juga lada hitam
  2. Aduk semua bahan hingga menjadi satu
  3. Lalu siapkan ayam utuh yang sudah dicuci dan keringkan dengan tisu dapur
  4. Lalu olesin seluruh bagian ayam dengan mentega yang sudah diuat sebelumnya
  5. Pastikan semua bagian ayam terlumuri dengan mentega
  6. Masukkan mentega ke dalam ayam dan masukkan juga sayuran yang sudah dibumbui terlebih dahulu kedalam ayam
  7. Panggang dengan Magic Fryer dengan suhu 200C dan waktu selama 45 menit.
    *balik ayam jika sudah 20 menit waktu memasak

Proses memasak ayam ini sangat seru, kami juga berkesempatan mencoba produk Magic Fryer YONG MA terbaru, series nya lupa banget nih. Sangat canggih dan hemat listrik. Tampilannya juga cakep banget. Sambil menunggu ayam yang sedang di masak menggunakan Magic frayer, kami bersiap membuat menu kedua yaitu : Tteokbokki. Makan satu ini adalah makanan kesukaan banyak insan, apalagi para penggemar K-drama dan K-Pop yaa, termasuk mbak Lala, sukaaa banget dan seneng dong bisa bikin sendiri kedepannya, lebih mantul pastinya.

RESEP TTEOKBOKKI ala Chef Sofia
Bahan-bahan:
500gr tteok (kue beras)
3 lembar oemuk (odeng)
1 batang daun bawang
1 sdm bawang putih cincang
½ buah bawang Bombay cincang
1 sdm biji wijen
2 gelas air (masing 150ml)
1 sdm bubuk cabai (gochugaru)
100gr gochujang
1 sdm kecap asin
2 sdm gula pasir
Garnish :
1 butir telur rebus

Siapkan Bahan untuk saus ala Chef Sofia

  1. Masukkan gochujang ke dalam mangkuk
  2. Masukkan bubuk cabai, gula, kecap asin dan 1 gelas air
  3. Lalu aduk hingga saus bercampur rata

Memasak Tteokbokki ala Chef Sofia

  1. Masukan tteok(kue beras) ke dalam inner pot
  2. Masukkan oemuk (odeng) ke dalam inner pot berisi tteok
  3. Masukkan bawang bombay dan bawang putih cincang
  4. Masukkan daun bawang yang sudah di iris
  5. Masukkan 1 buah telur rebus yang sudah di kupas kulitnya
  6. Lalu masukkan saus yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam inner pot yang berisi bahan-bahan
  7. Tambahkan 1sdm biji wijen dan 2 gelas air
  8. Tutup Magic Com, kemudian masak dengan Menu COOK. Cukup tekan START saja
  9. Masak sekitar 30 menit hingga tteokbokki matang dan sajikan selagi hangat

Pada tahap memasak selama 30 menit kami tinggal sholat dulu di masjid terdekat. Setelah itu kami kembali serta mengecek hasil pembuatan Tteokbokki setelah itu masing-masing icip hasil buatannya, yummy enakkkk.

Terakhir, kami akan diajak membuat CHOCHOLATE CAKE. Salah satu makanan kesukaan keponakan mbak Lala nih, dia bakalan seneng banget kalau Mbak Lala udah bisa baking kue yang satu ini.

RESEP CHOCOLATE CAKE ala Chef Sofia
Bahan Kue:
1 bungkus Cake Mix Coklat
6 butir telur
100gr mentega cair
Bahan filling :
500ml whipped cream cair (millac)
Simple syrup
Bahan Frosting/Topping:
Whipped cream yang sebelumnya
Milk coklat compound (merk colatta)
Strawberry
Gula halus
Dark chocolate glaze (elmers)
Chocochip

Step pembuatan cake cokelat ini lumayan panjang dan agak rumit, harus bener-bener fokus dan kreatif. Apalagi pas sesi menghias cake, kabar baiknya semua menu yang dibuat masing-masing peserta, boleh dibawa pulang.. amazing, beneran kaya “wah seneng banget” dibalik kalimat itu ada jiwa bingung “waduh naik KRL nya gimana ya, bawaan banyak.. jam-jam rawan bentar lagi” Yup, kemungkinan sampe stasiun bakalan bentrok sama jam para pekerja pulang ngantor. Bawaan juga banyak dan lumayan berat, mana mbak Lala bawa laptop buat berjaga-jaga kalau ada kerjaan atau atasan minta report. Kebayang lah yaa, jinjingan kanan-kiri dan belakang tas gemblok, hehehhehee.

Terlepas dari beratnya bawaan, jarak yang lumayan, tantangan naik KRL. Mbak Lala sangat happy dengan pengalaman dan kesempatan yang di peroleh kala itu. Cooking Class with YONG MA dan dipandu sama chef Sofia, beneran nambah ilmu baking dan cooking, serta makin kagum dengan brand YONG MA, sangat memperhatikan pengguna dan sedari dulu emang favorit mbak Lala, terutama magic com nya.

Sampai Kota Bogor saya dan kedua teman disambut sama hujan yang lumayan deras, PR banget ini tuuuhh. Syukurnya bawa paperbag cadangan di tas, buat ngelapisi box kue supaya enggak basah. Alhamdulillah sampai rumah dengan aman sentosa dan disambut sama keponakan dengan riang gembira, dia happy ngeliat kue cokelat yang diameternya lumayan besar di hias sama strawberry segar.

Begitulah pengalaman berkesan saat 2023 di bulan Juni, penuh kesan baik dan bikin happy kalau inget rangkaian acaranya. Kalau teman-teman, suka masak apa nih? Pernah sengaja ikutan kelas ga, buat nambah skill masak? Boleh dong ceritain keseruannya di kolom komentar, thank you yaa..Sampai ketemu di tulisan-tulisan berikutnya.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

10 Tanggapan

  1. Aaakkkk seruuu bangetttt
    aku selalu excited kalo ikutan cooking class kayak gini
    aroma harum masakannya menguarr
    dan takjub bangett ama chef yg ngajar, kok bisa yhaaaa masak sambil njelasin 🤣😤

    1. Iya kan.. multi talenta banget chef nya, sambil ngajarin sambil masak.. mana disamperin satu-satu ke area masak buat dipastiin pada bener ga step masaknya
      2 Resep tersebut, bisa diimplementasiin juga buat menu hari raya nanti..

  2. Hahahahah ga kebayang aku cara bawa kuenya mba 😄🤣.

    Tapi pasti seru sih belajar masak begini 😍. Aku tuh sbnrnya ga suka masak, tapi terpaksa masak skr ini sejak asisten resign.

    Belajarnya ya dari cookpad, IG dan YouTube. Kalo ada resep yg gampang, pasti aku coba, kalo enak bisa diulang. Kalo ga enak, Langsung coret ga akan dicoba lagi 🤣.

    Blm pernah ikutan yg cooking class. Pengeeen, tapi aku kdg ragu kalo semisal aku ketinggalan dari peserta lain gimana. Biar gimana skill ku ga jago2 amat 😅.

    1. Hahaha, iya kanan-kiri tangan full bawaan, mana ngeri di senggol orang juga kan
      Seru banget sih ini pengalaman cooking class nya..
      Nah, awalnya aku pun enggak begitu suka masak, cuma pas masuk ke dunia pernikahan tanpa ada yang bantuin maka harus belajar masak
      Dulu aku author cookpad juga hehehe, cuma kesini-sini udah ga sempet foto or video detail terkait masakan, kejar-kejaran sama waktu
      Masak itu lumayan lelah apalagi ditambah harus cuci perlengkapan after masak yang segambreng ituuu huhuhu, mantep emang.
      Coba deh next belajar cooking or baking di ABC Cooking Studio, seru juga itu beneran bisa tanya chef sepuasnya sambil cooking or baking..

  3. Rejekii yaa, mba Lalaaa..
    Dapet ilmunya, juga dapetin kuenya yang super besar. Tapi iya sii.. kebayang enteng-enteng ((dibawa tangan)) pas lagi kondisi naik kendaraan umum yaa… Berasa pen ngajakin makan bareng rang-orang, hehehe..

    Mba Lala selalu punya cerita seruuu…
    Pengalaman cooking class bersama Yong Ma ini ga terlupakan. Apalagi belajar masak zaman sekarang harga per-sesinya aja uda jutaan yaa..

    1. Iya banget Mba… hehehe kebayang tangan penuh tentengan, mana jam-jam bubar orang-orang kerja, bersyukur banget kue dan masakannya utuh selamat sampai rumah..
      Masya Allah banget YONG MA bekelan ilmu dan makannya the best..Kalau mandiri bisa mahal banget kan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.