Talaga Saat Bogor Surga Tersembunyi dengan Pemandangan Indah

Beberapa waktu yang lalu, Mbak Lala diajak sama adek buat jalan tipis-tipis ke area puncak Bogor. Setelah melewat masjid At-tawun masih lurus terus mengikuti jalan, dan beberapa waktu kemudian sampailah di The Ciliwung Tea Eastate Bogor, yang ujung dari perjalanan ini akan membawa kita ke Talaga Saat Bogor.

Kebetulan saat itu Mbak Lala dan adek jalan kesana di hari biasa, estimasi perjalanan dari Statsiun Bogor ke lokasi berkisar 1,5 jam sampai 2 jam jika kita pakai kendaraan roda dua atau motor, beda cerita kalau weekend, bisa jadi lebih dari estimasi tersebut ya, karena setau Mbak Lala weekend puncak lumayan macet dan diberlakukan jalur buka-tutup.

Biaya masuk The Ciliwung Tea Eastate Bogor, siapin budget untuk : Tiket masuk perkebunan 25.000/orang, parkir 5.000/motor kemudian benefit yang didapat : free welcome drink, bisa melihat pemandangan perkebunan teh yang luas dan cantik banget. Dari sini tinggal ikutin jalan bebatuan besar, yang cenderung tajam, sesekali tampak jalan agak curam dan lanjut deh masuk ke area Talaga Saat, di kenakan biaya lagi tiket masuk per orangnya cukup rogoh kocek 10.000,- dan sudah bisa masuk ke Talaga saat Bogor.

Dari area tiket masuk menuju Talaga Saat, lumayan jauh jaraknya, akan tetapi bagi pecinta wisata alam enggak akan bosen karena sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan kebun teh, gunung dan langit cakep kalau lagi cerah, dengan jalanan yang dipenuhi bebatuan lumayan bikin deg-deg an, agak berkelok kalau jalannya pakai motor, oh iya mobil juga bisa masuk yaa jalannya besar. Untuk pengguna mobil harga parkirnya beda sama motor, kebetulan mbak Lala lupa harga tiket kendaraan mobil.

Buat yang mau bawa kendaraan motor atau mobil, jangan lupa service dan cek kondisi kendaraan sebelum berangkat ke Talaga saat Bogor, ini penting banget karena ada beberapa cerita sepulang dari Talaga saat Bogor kendaraan rusak, sebetulnya ada banyak faktor yang bikin kendaraan jadi rusak baik cara penggunaan kendaraan, sampai dengan kondisi kendaraan itu sendiri. Intinya supaya enggak cari kambing hitam dan tetap nyaman serta selama sampai tujuan dan pulang kerumah dengan hati senang, enggak ada salahnya cek kendaraan dulu sebelum healing ke Talaga saat Bogor.

Dari beberapa cerita teman, ada juga teman mbak Lala ke Talaga Saat dengan berjalan kaki, dengan perlengkapan tracking, beliau jalan dari pintu tiket The Ciliwung Tea Eastate lumayan jauh ya, sebaiknya bekal minum, makanan dan pakai sepatu atau sendal khusus tracking supaya lebih nyaman pakai tongkat juga.

Di pertengahan jalan, kita bakalan ketemu sama amang-amang yang jualan cuanki pikul, harga per porsinya 15.000,- an aja rasanya enak dan isi banyak. Lumayan yaa, capek-capek melewati perbukitan kebun teh bisa makan dulu sambil ngeliatin view luar biasa masya Allah tabarakallah deh pokoknya.

Kira-kira kalau ajak anak balita gimana nih? Ada beberapa yang mesti dipertimbangkan, yaitu : Apakah orangtua suka dengan wisata alam? Mau repot dengan situasi dan kondisi jalan bebatuan yang lumayan terjal, apakah anak suka diajak ke lokasi wisata alam? Atau belum pernah ke lokasi wisata alam? Pasti setiap keluarga punya jawaban berbeda, kalau mau coba-coba sebaiknya jangan dulu, tunggu anak agak besar dan siap berpetualang ke alam.

Kemudian, gimana kalau pakai mobil? Mbak Lala pernah pakai mobil kesana, terpenting yang nyetir fokus sama jalan, kondisi badannya fit, enggak ngantuk, dan harusnya lumayan ya karena terlalu berasa takut banget sama kondisi jalan bebatuan dan terjalnya kondisi diluar, namun sisi tidak nyaman pakai mobil bakalan kena macet banget pas menuju The Ciliwung Tea Eastate Bogor kalau weekend, jadi sebaiknya kalau mau ajak keluarga atau teman kesana pakai mobil, perginya di hari weekday atau staycation di wilayah yang deket sama Talaga saat Bogor atau malah nginep di Villa yang tersedia dari pengelola Talaga saat puncak Bogor.

Pastikan yang mau berkunjung ke Talaga Saat Bogor memang suka sama wisata alam yang agak terjal dan cukup menantang buat sampai lokasinya. Karena lumayan melelahkan melewati jalan bebatuan yang terjal, setiap tikungan suka agak deg-degan, jalanan tanpa pembatas kebayang ya musti teliti dan hati-hati.

Namun pecinta alam, penyuka wisata alam bakalan merasa takjub, happy menikmati indahnya view kebun teh, perbukitan, langit yang cerah, makan cuanki, lanjut aja ikutin jalan buat sampe ke talaga saat Bogor.

*Semua foto yang Mbak Lala upload ke blog, pure hasil jepretan hp mbak Lala, mohon maaf apabila belum menggambarkan keindahan yang terdapat di The Ciliwung Tea Eastate Bogor & Talaga saat puncak Bogor, karena emang indah banget kalau cuacanya cerah. Next Mbak Lala pengen coba nginep dan menyaksikan matahari tenggelam disana, pasti cantik banget ya (ekspektasi Mbak Lala).

Eitss, hal tersebut bakalan didapatkan kalau cuaca hari itu emang lagi cerah dan bagus. Beda cerita kalau hujan, bakalan enggak asik banget, licin, becek dan jalannya bakalan terasa lebih melelahkan. Buat bawa kendaraan pribadi bakalan banyak kesel, jalanan terasa licin dan mengkhawatirkan. Jadi pastikan saat kesana cek perkiraan cuaca terlebih dahulu dan riset, apakah lokasi ini sesuai dengan minat kalian atau sebaliknya.

Pihak pengurus wisata pun sebetulnya sudah menyiapkan mobil untuk melewati The Ciliwung Tea Eastate Bogor, pastinya bakalan kena biaya lagi. Buat yang agak mageran bawa kendaraan ke lokasi baru, enggak familiar sama kondisi jalan, boleh banget dicoba ya. Bakalan lebih enjoy nikmati perjalanan dan menatap pemandangan, tanpa merasa lelah nyetir.

Di area talaga saat kita bisa sewa karpet, bisa naik perahu dan banyak abang & teteh yang nawarin jasa foto, mereka memang photographer profesional yang stanby di lokasi, karena kalau diamati banyak juga kaula muda yang melakukan pre-wedding di area talaga saat. Talaga saat ini memang menyediakan spot bagus buat foto-foto, ada beberapa spot ayunan, kemudian bisa dudukยฒ di gazebo yang tersedia, tersedia juga aneka jajanan jadul kaya telor gulung, bakso aci, aneka mie (mie ayam, mie rebus), Bakso, dan lainnya. Selain itu ada juga villa details infonya bisa cek https://linktr.ee/Telagasaatpuncak atau bisa juga kepoin IG nya https://www.instagram.com/telagasaatpuncak/ kemudian di talaga saat juga ada pelestarian Elang Jawa.

Kalau ajak anak kecil, harus selalu dalam pengawasan orangtua (orangtua siaga). Banyak keluarga yang datang, duduk-duduk dikarpet sambil makan dan ngobrol, vibes nya healing tipis-tipis lah ya. Sambil hirup udara yang seger nan sejuk, sejenak lupa sama polusi udara yang lagi parah-parahnya di Jabodetabek. Tetap jaga kesehatan, perbanyak makanan bergizi, tanam sirih gading dan lidah mertua di area rumah, pakai masker kain saat bepergian, minum air putih yang cukup serta berusaha menggunakan kendaraan umum saat bepergian dengan rute yang memang tersedia kendaraan umum, bawa tumbler, kurangi penggunaak plastik. Semoga segera membaik ya kondisi dan kualitas udara yang kita hirup.

Berikut ada beberapa video singkat terkait view Talaga saat Bogor dan juga The Ciliwung Tea Eastate Bogor : https://www.instagram.com/p/CqzbBpvJ2-K/ & https://www.instagram.com/p/Cp-TJP9NVx8/ sambil agak pake quotes ala-ala gitu ngeditnya. Dari beberapa ceritaan teman, ada juga teman mbak Lala yang pergi ke Talaga Saat dengan berjalan kaki, tentunya menggunakan perlengkapan tracking, beliau jalan dari pintu tiket The Ciliwung Tea Eastate lumayan jauh ya, oleh karena itu disarankan bawa bekal minum, makanan dan pakai sepatu atau sendal khusus tracking supaya lebih nyaman pakai tongkat juga.

Pertimbangan mbak Lala sampai 2 kali berkunjung The Ciliwung Tea Eastate & Talaga Saat Bogor karena lokasi enggak terlalu jauh dari tempat mbak Lala tinggal, Mbak Lala suka sama wisata alam yang memerlukan effort untuk menuai keindahan, tiket masuk enggak terlalu mahal, cuaca pas mau berangkat cerah dan adek serta teman Mbak Lala mau boncengin baik pake motor atau mobil.

Kira-kira gimana nih? Menarik enggak buat dikunjungi 2 destinasi wisata di Puncak Bogor ini? Ada rencana mau kesini kapan? Atau ada rekomendasi lokasi wisata menarik juga deket-deket sini, boleh di share biar nanti Mbak Lala coba sambangin. Semoga bermanfaat dan menambah referensi buat liburan baik sama keluarga, teman maupun pasangan halal.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

19 Tanggapan

  1. Puncak emang ga pernah gagal siih. (asalkan ga kejebak macet, hahaha)

    Aku waktu masih pacaran, itu lumayan sering juga ke puncak naik motor. Asalkan udah sampe at-tawun, melipir ke puncak pas, terus jajan dan main-main di sekitaran perbukitan teh. Aduuuh, syahdu banget euy

  2. Ketika ngeliat papan namanya The Estate Ciliwung aku kaget, haha sebab beda banget antara yang ada di Telaga Saat Bogor dengan Ciliwung yang satu itu ops.

    Ya ampun, aku kalau mau main ke kebun teh, minimal harus jalan 9-10 jam menuju kota Pagaralam. Nah ini, letaknya bisa dibilang nggak jauh-jauh banget dari Jakarta ya. Kalau mau balik hari juga bisa walau capek. Enaknya sih datang Jumat sore, dan pulang Minggu siang/sore. Definisi healing yang sebenarnya ๐Ÿ™‚

  3. Cantik banget pemandangannya jadi teringat salah satu tempat di Aceh namanya kota Takengon viewnya persis kayak gini bikin betah banget. Untung kondisi kita ke sini lagi pas nggak hujan ya, karena salah satu resiko wisata alam ya cuacanya.

  4. Huaa cantik sekali di Telaga Saat. Harga tiket juga termasuk terjangkau. Syukurlah kalo boleh bawa makanan dan minuman dari luar ya.

    Eh daku blm pernah makan cuanki wkwkkw apa bedanya ama bakso?

  5. Mana penampakan cuankina Mbak Lala wkwkwk….eh kalau bakso ya biasanya bakso aja kalau cuanki kaya bakso malang cuma ga pake pangsit sih, btw termasuknya mahal ya 25k tiketnya karena rata rata disini 10- 15k apa karena Jateng yak, malah kalau jenisnya curug 5k juga bisa masuk loh mungkin tergantung pengelolayah dan dipastikan siih betah kalau uda wisata alam begini akupun. Jaman kecil di Bogor padahal 5 tahun tapi baru tau ada Talaga Saat iniiiih.

    1. Penampakan bakso cuanki maaf lupa di foto hehehe
      Ohh, mahal ya? kan ada welcome drink nya, kalau menurut ku lumayan worth mbak, karena rata-rata ke destinasi wisata di sekitaran sini berkisaran 15-25K Perorang hehehe

  6. Pemandangan alam yang indah butuh perjuangan jg mencapainya ya. Dari stasiun Bogor perlu 2 jam lagi. Itu jg hari biasa. Perlu cari rombongan nih yg mau ramai2 ke sana. Soalnya cakep bgt, terlihar dr foto2nya.

  7. Sukaaaa Mbaaa. Aku paling suka wisata alam hijau2 beginiiii ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Masalah terjalnya udh biasa sih, yg penting bisa dapat view ngademin mata di atas โค๏ธ. Ngebayangin juga lagi capek ketemu Abang cuanki pikul, pasti enaaak yaaa ๐Ÿ˜„๐Ÿ‘.

    Tapi mengingat Skr musim hujan, kayaknya memang jangan Skr deh. Tunggu kemarau lagi biar ga repot Ama hujannya. Apalagi Bogor kesana kalo hujan kadang bisa deres banget kan.

    1. Betul, daya tarik dan keindahan wisata alam hijau itu emang selalu memikat.
      Nah, iya banget setiap sore jam 3 an Bogor udah turun hujan, better ke talaga saat pas musim panas aja, biar makin enjoy nikmatin keindahan nya dan enggak risih sama jalanan becek (kalau) Hujan ya kan..

  8. rumah saya dekat Bogor dan sering bolak balik Bogor tapi belum penrah mengunjungi tempat ini dan baru tahu pas baca ini, kayaknya wajib banget cobain ke sana indah banget hijau dan asri, sejuk bikin nyaman kayaknya duduk duduk manis di sekitar talaganya

  9. Puncak Bogor ini memang luar biasa daya tariknya yaa..
    Selain banyak kebun teh yang memanjakan mata dan bikin badan seger karena udaranya sejuk, juga ternyata kini ada tempat wisata yang bisa dijadikan bersantai sejenak. Kalau menginap di villanya jadi lebih panjang menikmati The Ciliwung Tea Eastate & Talaga Saat Bogor.

    Pas wiken memang parah banget sii..
    Bisa berenti sambil makan minum selfie. HUhuu…

  10. Mau banget nyobain tracking ke sana, kapan ya kira-kira? Aku suka banget sama telaga atau curug, jadi kalau ke sana bakalan hepi banget. Mana ada penangkaran elang jawa juga, penasaran bangett secara seumur umur baru sekali liat elang jawa itu pun pas dia terbang tinggi

  11. MasyaAllah pemandangannya keren poll. Ini sih wisata alam ky trekking ya mbak. Buat yg doyan jalan kaki baru berasa serunya. Tiketnya mayan jg sih klo menurut sy, klo hrs bayarยฒ lg di dalemnya.

  12. Cakep ya tempatnya bisa jadi rujukan nih buat liburan sekolah anak-anak ke Bogor nanti Desember jalannya seram banget ya? Jurang begitu? Aku tuh takut kalau medannya susah hehe

  13. Maa syaa Allaah pemandangannya indah banget, auto terkesima. Even dijepret pake kamera hp, hasilnya bagus kok. Dan yah saya percaya kalau lihat langsung pemandangannya pasti jauh lebih indah lagi. Apalagi pas cuaca lagi cerah ya.

    Btw ini harga masuk ke tempat wisatanya terjangkau banget, kalau di daerah Puncak tempat saya ini, untuk bisa masuk menikmati hamparan kebun teh kudu keluarin uang 100rb-an gitu.

  14. Selama ini penasaran banget sama puncak karena lebih sering lihat di TV, apalagi pas masa liburan dan banyak orang yang ke sana sampai macet. Pemandangan dan suasana di sana memang cakep ya. Apalagi kebun teh kayak gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.