Menelusuri Toko Merah Serta Menikmati Sajian Makanan di RODE Winkel Coffee & Savoury

Siapa yang suka mengoptimalkan weekend dengan berkeliling di sekitaran kota Jakarta atau Bogor? Dua kota yang memang cukup dekat serta melekat dalam keseharian saya, jadi saat weekend sering nya menikmati jalan santai dengan berwisata serta kulineran sehabis lari pagi di dua kota tersebut. Nah, kali ini mbak Lala meyusuri Kota Tua Jakarta, kemudian melipir ke Toko Merah serta mencicipi makanan juga minuman di RODE Winkel Coffee & Savoury. Pastikan baca artikel nya sampai selesai ya, makasih..

Perjalanan kali ini, bermula dari WA undangan mengikuti Tour Pesona Batavia en Emstreken Then and Now Bagunan Sejarah. Menjadi sebuah kesempatan menarik, berangkat dari Bogor pukul 07.30 WIB dan memang sampai lokasi telat karena krl ada beberapa gangguan sinyal, ketahan beberapa kali. Titik poin di Kota Tua Tourism Information Center (KOTIC) Kalau dari stasiun Jakarta Kota, keluar jalur pintu utara, nyebrang ke Bank BNI dan lurus aja nanti ada tenda KOTIC.

Untuk keseruan tour akan di tulis secara terpisah ya, karena kebetulan after tour tim datang telat total 4 orang, jadilah empat sekawan ini sepakat melakukan tour lanjutan secara mandiri ber-4 di sekitaran Kota Tua Jakarta. Sejak awal, kami ber-empat tertarik sama bangunan Toko Merah, sayangnya tour guide sudah menginformasikan kalau bangunan tersebut tidak bisa sembarangan di jelajahi dan harus ada izin terlebih dahulu, maka kami menyimak dan demi menuntaskan rasa penasaran, maka kami mampir ke Toko Merah dengan memasuki RODE Winkel Coffee & Savoury.

Kesan megah, mewah dan klasik sangat terasa saat memasuki pintu masuk RODE Winkel Coffee & Savoury, kebetulan area depan sudah ramai di duduki para pengunjung, maka kami pilih duduk di area bagian dalam jadi view barista dan tim RODE Winkel Coffee & Savoury sedang menyajikan aneka hidangan tidak bisa kami lihat. Syukurnya tempat yang kami pilih sangat nyaman serta bagus untuk take foto. Musik yang di putar, lagu klasik jaman dulu dan lagu Indonesia.

Detail info jam buka serta reservasi RODE Winkel Coffee & Savoury bisa cek bio instagram https://www.instagram.com/rodewinkel.id/ . Di sarankan ke sini menjelang sore atau malam hari, sekalian nikmatin city light Kota Tua Jakarta.

Saat kami sudah memilih tempat duduk, seorang pegawai menghampiri dan memberikan no bangku serta barcode untuk pemesanan menu. Menu di RODE Winkel Coffee & Savoury terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu : Espresso Based, Baby Sugar, Tea (Blended, manual Brew), Signature (Coffee & Non-Coffee), Juice, smoothies, Lite bites & Main Course. Sayang cuaca saat itu lagi lumayan panas banget, jadi enggak sempat nyobain teh nya dan kebetulan lagi lapar jadi milih nasi goreng kampung & minuman Virgin Mojito yang menyegarkan. Teman ada yang pilih Mie Goreng Kampung & Classic Lemongrass.

Beberapa tampilan menu yang saya pesan dari RODE Winkel Coffee & Savoury, nasi goreng kampung berisikan : nasi goreng plus telor dan sawi, telor ceplok yang cantik, ikan teri nasi, bawang goreng, kerupuk, selada, serta irisan wortel dan mentimun yang fresh. Lengkap dan porsi nya pas, tampilan nasi goreng sepintas agak oily namun saat di makan enggak terasa oily sama sekali, bumbu nya pas juga.

Minuman Virgin Mojito berwarna putih, terasa soda nya dan menyegarkan serta di tambah dengan 2 buah leci di bagian atas gelas. Pun dengan Classic Lemongrass tampilan nya menarik dan kata teman rasanya oke. Mie goreng kampung nya juga tampak sangat lengkap dan enak.

Tempat duduk serba kayu, jendela yang estetik dan tembok yang menarik membuat kami betah foto-foto serta duduk lumayan lama sambil menikmati hidangan, serta mendengarkan alunan musik dan di selingi dengan obrolan random. Padahal kami ber-empat baru ketemu dan kenalan di acara tour, namun kami mudah akrab sampai makan bareng, foto, ngobrol. Seru banget ternyata mengikuti Tour Pesona Batavia en Emstreken Then and Now Bagunan Sejarah kemudian kulineran di RODE Winkel Coffee & Savoury Toko merah Jakarta.

Setelah menikmati suasana dan makanan serta minuman di RODE Winkel Coffee & Savoury kami melanjutkan tour random dengan menaiki Bus wisata yang ada di seberang Toko merah, kemanakah kami selanjutnya? Nantikan cerita nya di artikel terpisah ya, Sobat Mbak Lala. Jadi weekend nanti kamu mau kemana? Boleh dong share di komentar. Have a nice day Sobat & stay safe.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

29 Tanggapan

  1. Wah, aku pas ke sini Desember lalu lagi rame sama pengunjung, jadi gak enak buat foto2. Seneng loh bisa masuk ke sini, karena dari dulu penasaran di dalamnya kayak apa sih. Ditambah lagi sama cerita2 horor mengenai penunggu gedung ini. Setelah bisa masuk ke dalam, waw terpukau sama megahnya ruangannya. Seru tuh pastinya tour dalam kota Jakarta ya, apalagi ngiderin area Kota Tua.

    1. Iya mba, pengunjungnya selalu ramai ya apalagi kalau weekend.. kebetulan pas kesana masih ada beberapa meja kosong di dalam jadi bisa dapat spot bagus buat take foto.. Toko Merah ini saksi bisu sejarah kelam sih, terjadi pembantaian dan pengumpulan mayat di sepanjang jalan depan toko merah. Next aku ceritakan di artikel terpisah ya, jangan lupa mampir lagi ke artikelnya..

  2. Aakkk jadi pengeeeennn

    aku sukaaa nih klo ada tour kayak begini.
    perut kenyang hati senaangggg🤩💯kapan2 mauuu juga ikutan Tour Pesona Batavia en Emstreken Then and Now Bagunan Sejarah

    lanjutttt kulineran di RODE Winkel Coffee & Savoury Toko merah Jakarta.💯

    1. Nantikan cerita Tour Pesona Batavia en Emstreken Then and Now Bagunan Sejarah nya ya 😊 Akan ku tulis di artikel terpisah. Kali ini aku ceritain lebih ke pengalaman memasuki Toko Merah dan makan di RODE Winkel Coffee & Savoury yang bertempat di lantai dasar Toko Merah.

  3. Jadi kalau mau jelajah ke Toko Merah ngurus izinnya ke mana kah?

    Rode Winkel Coffee Savoury tempatnya bagus ya dan bersih. Makanannya juga macam2 dan porsinya cukup banyak. Worth it dengan harganya.

    1. Untuk perizinan masuk ke Toko Merah bisa via Kota Tua Tourism Information Center (KOTIC) dan di dampingi sama tour guide mba.
      Kalau mau sekadar masuk Toko merah di lantai dasar, bisa langsung sekalian mampir ke
      Rode Winkel Coffee Savoury, buat duduk-duduk sambil makan dan minum di lantai dasar Toko merah.

  4. wahhh tempatnya sepertinya mewah ya mbaa menampilkan kesan tmpo dulu juga..mewah tapi berkesan tempo dulu gitu keliatan gagah…iyaa juga sie ya kan di kota tua jadi nuansa tempo dulunya pasti ada hehe…
    untuk harga sepertinya juga masuk akal apalagi setelah diliat dari tampilan yg menarik dan rasa juga cukup nikmat jadi gak rugi lah mampir ke toko merah ini 🙂

    1. Betul bangunan Toko Merah sangat kokoh, megah nuansa jaman dulu dan bagunan ala Belanda nya lumayan terasa ya, apalagi dengan banyaknya jendela di ruangan.
      Kalau masuk Toko Merah, jangan lupa mampir ke RODE Winkel Coffee & Savoury buat nikmatin makanan dan minumannya sambil istirhat serta ambil foto di beberapa sudut yang estetik.

  5. Toko merah ini sempat lama diperbaiki dan sekarang sudah beroperasi kembali sehingga tampil cantik menawan dan menawarkan aneka macam hidangan yang tampak lezat dan unik. kapan-kapan saya juga mau mampir untuk mencicipi hidangan di sana

    1. Betul sekarang Toko Merah lebih rapi dan nyaman buat dikunjungi, apalagi di lantai satu terdapat RODE Winkel Coffee & Savoury yang menyajikan aneka makanan dan minuman enak serta menarik buat di icip..

  6. asik banget ikutan city tour kayak gini mbak, aku juga mau, tapi sayang di jakarta
    Interior cafenya minimalis, tenang, sejuk dan estetik, dominan kayu sebagai interior membuat kesan adem juga
    Virgin mojito juga salah satu minuman favorit aku mbak, seger pokoke
    harga menunya juga ga terlalu mahal, di kotaku untuk ukuran cafe juga rata-rata segini

    1. Iya mba, tour nya di sekitar Jakarta ada beberapa opsi nih buat rute tour nya. Next kalau ke Jakarta berkabar aja biar kita bisa janjian tour bareng, seru nih kayanya..
      Setuju nih virgin mojito emang nyegerin banget, dan harga nya emang worth it ya..
      Next aku pengen kesana lagi icip teh nya sama kopi nya..

  7. Masukin list jalan-jalan di weekend ah. Hehe. Makasih rekomendasinya, Mbak Lala. Sejak pindah ke daerah TangSel jadi pengen eksplor tempat-tempat wisata yang ada di Jabodetabek. Pertama saya baca Toko Merah, saya pikir toko alat tulis yang ada di Jogja, lho. Haha. Karena di sana Toko Merah juga terkenal banget, apalagi di kalangan mahasiswa. Ternyata ini beda ya. Bangunannya estetik dan tempat makannya juga cozy..

    1. Boleh banget mba, sambil keliling kota tua yaa mampir ke Toko merah dan makan di RODE Winkel Coffee & Savoury .. Oh iya di Jogja juga ada memang Toko Merah, hehhehe serupaa nama tapi beda wilayah dan isiannya mba..

  8. Paling suka lihat gedung kuno yang kembali digunakan entah untuk kafe, resto atau kantor sepertinya jadi sumringah lagi gedungnya mendapat cahaya baru, nggak suram dan singup lagi…

  9. tempatnya keliatan cozy banget ya Mba Lala, dna makanannya sangat menggoda di pagi hari karena belum sarapan, btw harganya masih affordable ya, masih sesuai dengan tempatnya dan enak banget buat nongkrong bareng temen sepertinya mba Lala

  10. Masuk ke RODE Winkel Coffee & Savoury berasa kembali menjadi hitam-putih.
    Suasananya vintage banget yaa.. Sangat mendukung dengan daerah Kota Lama Jakarta.
    Menu makanan dan minumannya cukup untuk porsi makan siang. Kesegaran Virgin Mojito memang ga terkalahkan!

  11. Ntr aku buka juga IG mereka deh. Tempatnya keren, unik, kliatan bgt vintage. Apalagi Deket kota tua. Pas temen2 ku yg dr Malaysia DTG, aku mau ajakin ke sini mba. Walopun sebenernya makanan ga terlalu banyak pilihan yaaa. Tapi kalo enak, gapapa sih. Toh di sini memang lebih jual suasana juga. Suka bgt liat temboknya yg merah di luar 😍😍.

    Aku selama ini tau tempat ini, tapi ga pernah kesana mba 😅. Kalo temen2ku ga datang, ga bakal kepikir juga bakal kesini sih 🤣. Mereka tuh yg bilang ntr mau ke kota tua 🤭😄

  12. Seru ya bisa tour berempat gini dan menyambangi tempat yang keren seperti RODE Winkel Coffee & Savoury in. Kelihatan banget vintage-nya tapi berkesan mewah juga dan estetik. Pastinya bikin betah ya nongki di situ, apalagi kalau makanannya juga enak2

  13. Hiks belum pernah nyusurin kota tua. Padahal deket ya, dr stasiun Jakarta Kota? Bangunannya bersejarah ya di sana.. keren² jd spot foto. Itu cafe nya jg vintage banget. Thanks sharing nya kak.. jd pingin ke sana…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.