Menikmati Suguhan Ruang Tamu PKN 2023

Hallo sobat Mbak Lala, apa kabar? Semoga dalam kedaan sehat dan bahagia, aamiin. Beberapa hari yang lalu, tepat nya tanggal 20 Oktober, Mbak Lala mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi 3 ruang tamu PKN 2023, bareng teman-teman DHKH (Dari Halte ke Halte). Bermula dari ikutan kuis di akun IG DHKH dan alhamdulillah terpilih, jadilah mbak Lala berangkat dari Bogor pukul 10.20 WIB menuju titik kumpul di RM Salero Jumbo, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Peserta yang terpilih 10 orang, kemudian ada tim dari DHKH 3 orang, lalu ada tim dari PKN dan sponsor, lumayan ramai jadi nya dan seru banget ternyata. Penasaran kan? Simak artikel nya sampai habis ya. Perjalanan di mulai dari titik kumpul RM Salero Jumbo, disini kita kenalan, makan bareng, ngobrol, nikmat banget lho masakannya RS Salero Jumbo, tapi maaf mbak Lala lupa foto makanan nya. Mula nya mbak Lala enggak kenal sama sekali semua peserta yang terpilih menang kuis, disini lah kami mulai berkenalan, begitupun dengan teman dari DHKH dan tim dari PKN, alhamdulillah jadi nambah kenalan dan teman baru.

Setelah selesai makan, ramah-tamah, kami berfoto bersama di area RM Salero Jumbo. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Rubanah Undergound yang menampilkan karya-karya dari S. Rukiah yang berjudul “Kejatuhan dan Hati” Dibikin melow, sama karya nya yang bikin hati terenyuh hanyut dalam kisah yang disampikan secara menarik baik visualisasi maupun audio. Salut sama beliau, karya nya beneran sampai ke relung hati yang membaca, melihat dan mendengarkan. Kalau kesini better enggak pergi ramean, supaya bisa lebih menikmati dan menghayati karya nya.

Setelah cukup lama bareng-bareng menikmati suguhan karya dari S. Rukiah, kami mulai keluar area berjalan kaki menuju Sarinah, di seberang Sarinah persis ada halte, rencana nya kami akan naik busway untuk menuju ke ruang tamu kedua, yaitu Galeri Nasional Indonesia atau ngetrend dengan nama GALNAS Berlokasi di Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Setelah sampai lokasi, kami pun bergantian masuk ke area pameran, ternyata tanggal 20 Oktober menjadi tanggal pembukaan PKN 2023 yang akan dilangsung kan di Galeri Nasional Indonesia pukul 19.00 WIB.

Di Galeri Nasional Indonesia, terdapat banyak pameran yang menarik mata, seketika takjub sama hasil karya dari para seniman. Bukan hanya memiliki nilai seni, nyata nya karya-karya ini banyak juga bertujuan untuk life hack, memudahkan ragam aktivitas, ada pojok yang di namakan akal-akalan Timur, sangat cerdas banget asli deh. Kalau kesini bisa banget ngajak anak-anak, sekalian mengedukasi anak terkait alam, kebudayaan, bumi. Karya seni disini bernilai banget, sangat menyatu dengan kehidupan sehari-hari.

Seperti PKN 2023, yang mengusung tema “Merawat Bumi, Merawat kebudayaan” Kedua nya saling berkaitan erat badi kehidupan kita manusia. Ruang tamu PKN 2023, bikin kita selaku pengunjung merasa nyaman seperti sedang bertamu ke orang yang sudah dikenal. Pekan Kebudayaan Nasional 2023 ini berlangsung sejak 20 Oktober 2023 sampai dengan 29 Oktober 2023, sepekan yang penuh dengan makna, mengingatkan kembali bahwa kita sangat berkaitan erat sama nilai kebudayaan dan juga alam.

PKN 2023 ini berlangsung serempak di 37 Provinsi, yang tersebar di 223 Titik. Dari Aceh Hingga Papua. Di Jakarta sendiri ada banyak titik seperti di Halte busway BNI City, halte busway Bundaran HI, Galeri Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Bank Indonesia, Rubanah Undergound, Taman Ismail Marzuki, BKT Duren Sawit, Statsiun Tanjung Priuk, dan banyak lagi titik yang mengadakan PKN 2023 selengkapnya bisa cek disini. Di Kota Bogor pun berlangsung di Alun-alun Kota Bogor, Statsiun Bogor & Taman Ekspresi Sempur Bogor.

Setelah berkeliling di area Galeri Nasional Indonesia, Mbak Lala dan teman ngider DHKH melanjutkan perjalanan ke destinasi terakhir yaitu Museum Kebangkitan Nasional. Ternyata di Museum Kebangkitan Nasional enggak kalah menarik juga nih, ada banyak pameran baik secara visual maupun audio, pertama kita di kenalkan sama pelafalan bahasa dari suku Palu yang sudah hampir punah. Setelah itu melihat aneka permainan jadul setiap daerah, dan menarik nya disini mbak Lala bisa belajar langsung sama Kak Galuh dari Rumah Belajar Ilalang membuat wayang dari rotan, kak galuh sangat telaten dan sabar ngajarin kita bikin wayang dari rotan.

Setelah itu kami masih lanjut berkeliling melihat banyak hasil karya seni dan life hack karya guru-guru, murid yang berasal dari beberapa daerah. Sangat bikin kagum, beneran deh orang Indonesia itu kreatif, inovatif. Mbak Lala sangat bersyukur bisa ngider ke 3 ruang tamu PKN 2023, bareng teman DHKH. Sangat seru dan berkesan, nah buat sobat Mbak Lala yang penasaran mau melihat dan menikmati PKN 2023 yuk langsung aja luangkan waktu nya bisa datang sendirian, ajak teman atau ajak keluarga tercinta, pameran PKN 2023 ini free alias gratis, Sob.

Jangan lupa ya, PKN 2023 berlangsung sampai dengan tanggal 29 Oktober 2023. Nikmati keindahan seni nya, resapi pesan dan makna yang terkandung di dalam nya dan implementasikan dalam kehidupan nyata, yuk jadi manusia ber-etika, berbudaya dan cinta serta merawat bumi dengan segala upaya yang bisa dilakukan secara konsisten.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

15 Tanggapan

  1. Di alun² Bogor di sebelah mana acaranya? Sy tiap pagi lewat alun² menuju stasiun gak liat ada keramaian. Ramenya siang kali yaa 😄. Coba sabtu deh ceki². Makasi infonya kak

  2. wah seru banget ya mba bisa jalan-jalan barengan banyakan gini meskipun pemenang terpilihnya hanya 10 orang tapi pasti seru lah berkunjung dari halte ke halte itu. Kapan-kapan wajib ikutan kuisnya siapa tahu menang dan bisa main seru bareng teman baru

  3. Masyaallah yah, dari jawab-jawab kuis bisa jalan-jalan, makan makanan enak plus nambah teman baru.
    Mengunjungi Galeri Nasional pastinya memberi pengalaman baru juga informasi yg bermanfaat.

  4. Ya sudah lewat ya Mbaaa. Baru baca ttg ini 😅. DHKH aku taunya suka sharing ttg kuliner yg enak2, ternyata ada juga kegiatan utk menikmati seni seperti ini yaa. Baru tahu loh.

    Tempat yg divisit juga menarik pula. 👍. Dan memang benar kok, orang Indonesia ini kalo soal seni, life hacks etc, itu kreatif BANGETTTT. Suka kagum deh dengan hasil2 seni buatan anak bangsa.

  5. Sekarang 31 oktober huhuhu, telat tahunya nih aku. Tapi temannya keren banget ya kak, hubungan bumi dan kebudayaan itu dua hal yang berbeda tapi senantiasa terhubung dengan kita.

  6. Alhamdulillaah ya Mbak bisa memang kuis dan dapat kesempatan buat mengunjuni galeri dan dapat kenalan baru juga. Btw baru tahu ternyata kegiatan PKN 2023 ini serempak dilakukan di Indonesia ya, berarti di daerah Sulsel sini juga ada dong cuma sayang telat dapat informasinya. Padahal seru juga kalau bisa datang ke event ini

  7. Selamat ya bisa menang kuis.
    Kegiatan /pameran ini sangat bagus menambah pemahaman terkait khasanah Indonesia
    Oh ya, Awal baca tulisan ini langsung nyari singkatan PKN. Apa itu PKN yg dimaksud?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.