Peran Penting Komunitas MoM Academy dan Support System

Terkadang, ada beberapa proses kehidupan yang tidak pernah kita sangka, akan terjadi pada diri kita. Termasuk berkomunitas, dulu ketika jaman sekolah dan kuliah saya hanya tau berorganisasi kemudian aktif di beberapa kegiatan dan belum mengenal komunitas. Ternyata 2019 menjadi titik awal saya bertemu dengan komunitas yang rasanya amat klop.

Bergabung dengan komunitas MoM Academy, pada akhir tahun 2019-an menjadi masa yang tidak pernah saya lupakan. Dimana saat itu saya merantau, tinggal dirumah mertua dan rutinitasnya bekerja kantoran serta merapihkan rumah dan menyiapkan kebutuhan keluarga kecil. Rasanya lumayan asing dan sepi. Semenjak bergabung di komunitas MoM Academy, saya jadi merasa punya banyak teman online, para wanita dan ibu yang sangat supportif, juga banyak para perantau. Berkomunitas ternyata semenyenangkan itu.

Kebetulan komunitas MoM Academy, memiliki agenda harian dari senin hingga minggu. Jadi ada saja pembahasan menarik dan informatif setiap hari nya, diluar dari tema ada juga yang bisa sharing serta cerita tanpa judging. Udah gitu terdapat banyak kelas pengembangan diri baik online ataupun offline. Berkomunitas, menambah relasi positif. Kopdar regional jadi momen yang membahagiakan. Bertemu dan ngobrol hal-hal positif serta menarik, menambah insight dan pengetahuan, rasanya akrab dan hangat.

Pernah sekali berkesempatan mengisi SLDD (Selasa Lebih Dekat Dengan mu) Program kala itu masih bernama SLDD, saya bercerita hobby dan kesibukan dari obrolan ringan ini tercetuslah bikin buku bareng. Kami menulis buku antologi, MoM Academy regional Jakarta 2. Ya, saat itu saya bertempat tinggal di Jakarta. Buku pertama kami pun launching dan beberapa penulis mewakili kami untuk datang ke PODME – podcast Metro TV yang berkolaborasi sama komunitas MoM Academy. Rasanya bahagia dan haru sekali, bertemu dengan wanita-wanita hebat serta tangguh dan ada beberapa yang profesional di bidang tertentu serta tidak pernah pelit ilmu.

Obrolan Seru MoMA Cast di PODME Metro TV

Sesuai nama nya komunitas MoM Academy menjadi wadah buat para wanita dan Ibu supaya upgrade skill, melalui zooominar ataupun kulwap (Kuliah whatsapp). Narasumber nya pun banyak diambil dari expert, enggak kaleng-kaleng lho. Sesuai dengan Motto nya, MoM Academy menjadi wadah untuk para Ibu dan wanita supaya : Bahagia, sejahtera dan memiliki karya serta berdaya. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali probelmatika yang dihadapi wanita saat sudah menikah. Ada yang ingin membantu keuangan suami, namun tidak bisa bergerak terlalu leluasa karena ada anak yang masih balita, atau kondisi tidak memungkinkan buat bekerja full time. Disini kita dapat kesempatan belajar jadi MoMReseller, terdapatk kelas nya via zoominar bahkan ada WAG nya ketika masa itu dan jika ada yang punya produk bisa ikutan promosi di hari kamis (Market day).

Market Day jadi salah satu wadah buat saya mengenalkan produk. Kebetulan tante suami punya usaha makanan rumahan, saya bantu pasarkan. Awalnya jadi sponsor event atau kulwap, jadi hadiah aja. Lama-lama kekuatan the power of mounth sangat ampuh dan produk kami laris manis nih. Setiap ada event pastilah ada yang jastip atau order, alhamdulillah banget.

Pernah juga jadi salah satu pengisi Kulwap bahas terkait Google Bisnis, kebetulan kala itu memang cukup ngulik google bisnis dan paham rules nya karena menerapkan buat bisnis di rumah juga. Semoga saja ilmu kala itu bermanfaat dan bisa membantu para members MoM Academy supaya makin produktif dan mengahsilkan tambahan cuan. Kemudian pernah isi kulwap tentang hampers ramadhan, kebetulan ini base on pengalaman secara langsung, apalagi masa pandemi. Bisnis hampers melejit banget.

Selain Kulwap, sering juga nih dapat hadiah di acara zoominar. Entah karena bertanya, menang quiz sampai menang giveaway. Terus pernah juga jadi Member of the month dan dapat hadiah yang sangat bermanfaat sampai saat ini fry pan. Berkomunitas ternyata sangat banyak faedah nya ya, selain nambah relasi, kemudian nambah calon konsumen, dapat banyak ilmu dari sharing dan kelas yang dibuat serta dapat beragam hadiah. Sejak saat itu saya makin seneng kalau MoM Academy ada kegiatan atau event baik online maupun offline.

Tahun 2021, karena masih pandemi MoM Academy mengadakan event tahunan yang bernama MoMFest secara hybrid, kebetulan saya kebagian jadi peserta online. saat itu melakukan pendaftaran berapa ratus ribu, namun sangat worth it dengan ilmu yang di peroleh serta goodie bag yang dikirim kan ke rumah.

Produk sponsor sangat terpakai buat keseharian. Pas tahun 2022, alhamdulillah bisa mengikuti event MoMFest secara offline, cuti kerja sehari demi ikutan event ini. Berangkat dengan membawa kue bolen pesanan para moms, menggunakan gocar di temani salah satu mom yang rumahnya enggak begitu jauh. Jadi kami berangkat bareng. Acaranya meriah banget, insightfull narasumber yang hadir mulai dari ahli keuangan sampai dengan pasangan selebriti yang sangat kompak serta punya bisnis di luar dunia artis nya.

Pulang dari event MoMFest kami bawa goodiebag IKEA, dengan full isian dan isian nya bermanfaat semua. Mulai dari nugget, cokelat balok, body care, camilan, kerudung, kosmetik, pouch, tumbler. Juga menyempatkan beli merchandise berupa notebook bertuluskan MOTHER.

MoM Academy sangat menarik serta uniq, karena MoM Academy merupakan part of Mothers on Mission Agency digital yang dibentuk oleh para MoMs supaya bisa tetap berdaya dan bermanfaat bagi sesama wanita. Dari sini jugalah saya kenal sama isitilah MoMInfluencer, MoM Canvasser, KOL Nano, KOL Micro, SOW dan istilah agency lainnya. Saya berharap semoga MoM Academy tetap menjadi komunitas Wanita dan Ibu terbesar di Indonesia, serta Mothers on Mission mendapatkan banyak klien sehingga bisa membuka banyak kesempatan dan peluang buat para Ibu dan wanita di seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa members dari luar negeri juga ya. Jadi mereka memang sedang tinggal misal di Singapura, Malaysia, Inggris dan beberapa negara lainnya.

Siapa sangka juga, dari begitu mengindolakan MoM Academy tau-tau di tahun 2022 mendapatkan kesempatan untuk gabung jadi tim internal MoM Academy. Penasaran sama cerita agak detail nya? Sempat saya ceritakan pada artikel berikut :

Sungguh di luar dugaan dan jadi sebuah peluang serta kesempatan berharga pastinya. Melalui DM dari salah satu tim pusat MoM Academy, saya mendapatkan tawaran bergabung dan melalui tahapan interview, akhirnya diterima. Masya Allah tabarakallah, kebetulan kala itu ibu mertua butuh di support dan diperhatikan secara berkala karena sedang sakit, sakitnya berbulan-bulan juga. Memang ya, maha besar Allah dengan segala karunia nya.

Untuk yang belum mengenal MoM Academy boleh banget cek channel youtube, website, instagram official @momacademy.id atau boleh juga tanya saya, jika ada brand yang mau kolaborasi pun bisa ya, nanti akan saya sambungkan sama tim terkait. Kekuatan komunitas buat menggaungkan sebuah produk, terbukti sangat ampuh lho. Mothers on Mission juga memiliki layanan : Community Building, community management, community collaboration, bahkan terbiasa juga handle event brand baik secara offline, hybrid hingga online.

Terlebih memiliki komitmen dengan mengusung Social Impact Business, beberapa brand bahkan merasa sangat pas dan klop bekerjasama dengan Mothers on Mission dan komunitas MoM Academy. Apalagi saat ini MoM Academy Club yang mengumpulkan para MoMs dan wanita hebat sesuai dengan passion dan minat nya. Club yang sudah launching dan berjalan di MoM Academy saat ini : MoMA Beauty Club, MoMA Talent Club, MoMA Creative Club, MoMA Cooking Club, MoMA Digital & Tech Club, MoMA Video & Photography Club. Serta beberapa club yang masih dalam proses persiapan launching.

Selain itu MoM Academy juga memiliki program MoMA Mini Class yanf diadakan sebulan sekali secara offline di kantor pusat MoM Academy. Para MoMs, bisa mengupgrade soft skill melalui MoMA Mini Class, pernah ada kelas editing video, editing foto, self healing dengan metode, belajar payet, meningkatkan branding melalui copywriting, membuat kalung dari pakaian bekas , melukis puding, dan banyak kelas menarik lainnya.

Salah satu dokumentasi singkat keseruan MoMA Mini Class.

Nah, kalau teman-teman ada kisah menarik apa aja nih seputar bergabung dengan sebuah komunitas? Boleh dong share di komentar, terima kasih banyak sudah menyimak sekelumit kisah peranan komunitas sebagai support system ala Mbak Lala. Yuk tetap jaga semangat untuk belajar dan lebih melek teknologi, sehingga kemajuan teknologi bisa memberikan dampak positif bagi diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Sebaik-baiknya manusia, ialah yang dapat memberikan manfaat atau bermanfaat bagi sesama. Yuk bisa yuk saling bersinergi dalam kebaikan.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

20 Tanggapan

  1. Selamat ya akhirnya bisa bergabung dengan team internal MoM Academy. Semoga bisa berkiprah lebih aktif memajukan kepentingan bersama. Ikutan komunitas positif seperti ini bisa meningkatkan pengetahuan dan skill. Juga nambah teman yang keren yang bisa diajak maju bersama. Semangat ya

    1. Betul banget, berkomunitas itu lebih ke gimana cara nya bisa membagikan ilmu dan kebermanfaatan serta mendapatkan banyak kebaikan dari relasi yang positif.
      Semoga saja saya bisa berkontribusi secara maksimal ya, kebetulan tahun ini hampir jadi tahun kedua saya join di MoM Academy sebagai tim internal ..

  2. Hebat ya mbaa bisa bergabung pada suatu komunitas dan banyak memberikan ilmu dan insight positif pada diri kita…
    Aku belum bergabung komunitas apa2 deh sepertinya biasanya cuma ikut pelitah2 sekali aca gitu aja
    Klo MomAcademy ini juga ada di tiap-tiap daerah kah mb lala atau hanya ada di daerah tertentu saja? Di Solo ada juga gak mba Mom Academy? jadi pengen coba ikutan 🙂

    1. Iya mba, alhamdulillah banget bisa ketemu sama komunitas MoM Academy 🥰.
      Semoga MoM Academy semakin menginspirasi banyak moms di luar sana dan membuka banyak kesempatan bagi para member untuk semakin berkembang dan maju, aamiin.

  3. Waaahhh kereennn yaa… Aku ikut senang bacanya kalau Mbak Lala bisa dapat banyak pembelajaran dan hal positif lainnya lewat komunitas yang Mba Ikutin 🤩. Emang ya rencana Tuhan tuh selalu baik. Kadang kita hanya perlu menarik dan melihat benang merah bahwa keputusan yang kita buat memiliki korelasi terhadap kejadian di Masa akan datang…

    Semoga dengan bergabungnya Mba Lala di tim internal bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangan Mbak Lala sendiri yang utama kemudian Mama-mama yang lainnn.. Sukses dan bahagia selalu Mbakkk 😁 Doaku yang terbaik untukmu..

    1. Aamiin, terima kasih banyak atas doa-doa nya.
      Semoga komunitas MoM Academy bisa memberikan banyak manfaat buat members nya dan semakin menginspirasi banyak wanita dan ibu di luar sana supaya makin semangat berkarya, belajar, berdaya dan mandiri juga..

  4. seru banget mba acaranya, kumpulan momi produktif semua ya ini, satu sama lain mendapatkan manfaat dengan terus saling mensupport, berbagi dan sempowering satu sama lainnya. Beberapa teman juga ada yang ikut Mom Academy ini, sukses selalu untuk Mom Academy dan semua membernya

  5. sungguh menyenangkan ya, dengan komunitas kita dapat mengembangkan potensial diri kita, dapat teman2 baru untuk saling support. Plus yang kita lakukan dapat memberikan manfaat bagi mereka di luar sana yang membutuhkan. Semoga komunitasnya semakin besar dan berkembang terus ya.

  6. Seru banget memang masuk komunitas yang klik dan sesuai dengan kita, banyak teman baru dan hal menarik yang bakal ditemui termasuk pengalaman berbagi dan tampil di depan umum. Keren say…

  7. Kerasa lebih powerful setelah bergabung di sebuah komunitas yang sesuai dengan value kita yaa, mbak Lala.
    Aku seneng banget karena kumpul-kumpulnya membawa keberkahan bagi para anggotanya.

    Komunitasku Ibu Profesional dan beberapa Komunitas Blogger.
    Tapi sejak pandemi, aku belum aktif lagi. Aktifnya di grup kajian sekolah anak. Hehhee~

    1. Betul mba, alhamdulillah bertemu dan bergabung dengan komunitas MoM Academy.. banyak belajar banget dari para MoMs hebat di sana.
      Wah ternyata mba lumayan aktif juga bergabung di beberapa komunitas ya, keren banget.. semoga banyak manfaat yang diperoleh serta hal-hal positif yang bikin kita semakin bertumbuh dan berkualitas yaa, aamiin

  8. emang salah satu tujuan ikutan komunitas adalah mendapat support system dari orang orang yang punya minat dan kerjaan yang kurang lebih sama. Mom’s Academy ini mampu mengakomodir dan juga memberikan kenyamanan yang bisa mengayomi anggotanya. Ini beneran bikin betah ya… ada disini semuanya

  9. Masya Allah, bersyukur banget ya bisa ketemu sama komunitas sebagus MoM Academy 🥰 Beneran menebar manfaat buat para membernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.