Refreshing sekaligus Belajar Sejarah di Galeri Bumi Parawira Memang Boleh Sekomplit Itu?

Halo, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia, aamiin. Aroma weekend udah menguat banget nih. Buat yang lagi cari tempat refreshing ataupun healing buat Sabtu atau minggu, mbak Lala punya rekomendasi tempat nih, nama nya Galeri Bumi Parawira, berlokasi di lantai 3 Perpustakaan Kota Bogor. Buat tau detail nya, pastiin baca artikel ini sampai selesai ya.

Galeri Bumi Parawira ini di resmikan pada 2 Januari 2024. Beralamat di Jl. Kapten Muslihat No. 21, buat warga Jakarta turun di statsiun Kota Bogor, ambil jalur keluar via pintu alun-alun kota Bogor dan lanjut jalan kaki saja, tidak begitu jauh kok. Jadi pas malam minggu kemarin, mbak Lala scrolling instagram dan secara masif keluar terus tentang Galeri Bumi Parawira, karena penasaran akhirnya kunjungi website nya Bumi Parawira dan langsung tertarik buat kunjungin galeri nya, sebelum berkunjung kita harus pesan tiket di https://bumiparawira.com/id/tiket . Buat booking tiket dan berkunjung ke galeri Bumi Parawira ini gratis ya, bisa pilih jam yang didampingi sama tour Guide atau tanpa tour Guide.

Galeri Bumi Parawira, buka Selasa – minggu, tanggal merah, hari besar dan hari senin tutup. Bumi Parawira ini memiliki arti rumah para pemimpin. Galeri Bumi Parawira menyajikan kisah serta sejarah para pemimpin Kota Bogor dari masa kerajaan hingga masa kini.

Galeri Bumi Parawira ini terbentuk dari kolaborasi antara : penggiat sejarah, seniman, pelaku kreatif. Guna pendokumentasian dan edukasi untuk seluruh lapisan masyarakat agar memahami secara secara lebih mudah. Ada apa aja nih di Galeri Bumi Parawira Bogor? Ada space tropical fores vibes, sejarah kerajaan Pajajaran, spot piknik, aksara sunda, transportasi jadul (Bemo), prasasti Batu Tulis, peletakan tugu kujang, Bogor tempo doloe, TV jaman dulu, peta Bogor, pemimpin Bogor dari masa ke masa, ada pojokan covid juga. 1 Jam Mbak Lala berkeliling di Galeri Bumi Parawira Bogor.

Bisa ajak anak, keponakan, bareng temen atau pergi sendirian buat refreshing maupun healing sambil belajar sejarah. Seperti kata pepatah “Jangan lupakan sejarah, dari sejarah kita bisa memetik hikmah dan pembelajaran serta menghormati para pejuang” Semangat lebih mengenal kota tempat kita tinggal dengan cara yang lebih modern sekaligus bisa mengabadikan momen ketika disana alias berfoto. Pastikan menaati peraturan yang disampaikan oleh para tour Guide ataupun tim registrasi saat kita akan scan barcode tiket masuk ke Galeri Bumi Parawira Bogor.

Setelah dari Bumi Parawira Bogor, teman-teman bisa juga meluangkan waktu baca buku di perpustakaan Kota Bogor serta bisa banget daftar jadi anggota perpustakaan Kota Bogor syaratnya : KTP Bogor dan tinggal di Bogor (baik kabupaten ataupun Kota). Jadi gimana? Udah mulai tertarik mengisi weekend ke Galeri Bumi Parawira Bogor?

Di tulis sambil mendengarkan rintikan hujan, sejak pukul 04.00 WIB Bogor turun hujan dengan intensitas lumayan deras, stay safe buat yang mau bepergian dan sedia payung ataupun jas hujan serta jaga kondisi kesehatan ya.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

16 Tanggapan

  1. Wah baru banget diresmikan ya. Untuk sebuah galeri ini keren banget, mengingat kebanyakan galeri di museum yang ada di Indonesia nuansanya suram, redup dan berdebu. Harapannya, karena ini menjadi satu bagian dari perpustakaan, perawatannya lebih kenceng dan banyak pengunjung yang datang sehingga galeri ini senantiasa hidup.

    Aku kalo ke sana, mau foto mejeng di kendaraan itu haha kayaknya cakep kl dipake selfie.

    1. Betul baru diresmikan awal Januari, masih fresh dan semoga tetap terawat serta terjaga yaa..
      Sipp, nanti mampirlah ke Bumi Parawira dan selfi sama mobil Bemo..dulu Bemo jadi salah satu transportasi di Bogor

  2. Wow berarti memang baru banget ya mba galeri bumi parawira ini…pasti koleksinya dan gedungnya masih terjaga banget apalagi gratis pulakkk mg menarik banyak minat pengunjung 😊
    Aku juga selalu senang kalo kesempatan mengunjungi museum gt jd tau cerita2 sejarah yg sebernarnya..tp suka sedih juga klo tiba2 museum jd bangunan tak terawat..smg kita bisa lebih menjaga dan merawat budaya atopun sejarah bangsa

  3. space tropical forest vibes itu fotonya yang ada di blog ini ya? Kalau mau ke perpus-nya, apakah pengunjung yang KTP-nya bukan dari Bogor bisa juga? Atau nebeng sama teman yang punya KTP Bogor?

    1. Tropical Forest Vibes foto nya yang persis sampingan sama prasasti Batu tulis, mbak..

      Untuk berkunjung ke Perpus bisa KTP luar daerah, kalau mau jadi anggota perpus barulah harus ber KTP Bogor.

      Untuk ke Galeri Bumi Parawira harus regist via website Bumi Parawira ya mbak..
      Enjoy weekend

  4. Wahh jadi pengen main ke Bogor. Galeri ini semacam museum sejarah ya? Dalamnya bagus ya, banyak spot foto2. Bisa main ke sana sambil belajar sejarah. Ada perpus juga jadi tambah bermanfaat bagi warga Bogor.

  5. Asik banget sering bolak balik lewat ke Bogor nanti bisa cobain berkunjung ke sini, penasaran pengen ke perpustakaan bukunya dan bisa ajak keponakan main ke sini niy, sekalian mengedukasi mereka tentang sejarah

  6. Kalo ke tempat begini aku LBH seneng pake guide, jadi bisa paham bener2, drpd hanya baca sendiri informasinya. Apalagi terkadang tulisannya kecil2 😅. Sengsara buat mataku yg minus.

    Pengennya museum begini hrsnya udh pake interaktif information, ntah dengan audio atau gimana. Jadi lebih menarik juga didatangin.

    Mungkin nanti kalo ada plan ke Bogor, bisa aku datangin bareng anak2 😉

  7. yang ada di bayanganku tadi kalau membaca kata galeri pasti tempatnya gitu gitu aja, tapi di bumi parawira ini kok estetik ya, keren gitu, jadi betah juga kalau belajar sejarah disana
    paling seneng kalau nemuin sejarah kota tersebut pada masa lampau, kayak bogor tempo dulu, jadi penasaran juga bogor zaman dulu seperti apa

  8. Salut banget, ka.. kekinian sekali Galeri Bumi Parawira Bogor.
    Sama nih, ka.. Bandung juga alhamdulillah hujan mendayu setiap pagi dan sore. Jadi semangat main ke Galeri Bumi Parawira Bogor kalau ada buku yang bisa dipinjam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.