Tetesan Solusi Atasi Mata Kering Supaya Semakin Produktif

Beberapa bulan yang lalu sempat merasa tidak nyaman karena mata kering, rasanya beneran ganggu banget. berawal dari kejadian tersebut, mbak Lala jadi tau ternyata itu merupakan gejala mata kering, disebabkan oleh terlalu lama nya menatap layar laptop dan smartphone, maklum pekerjaan sehari-hari memang bergantung dan berkutat di depan kedua benda tersebut. “mata saya pegal, sepet dan enggak nyaman mulai memerah juga” Ujar saya ketika memutuskan ke Apotek dekat rumah buat cari solusi mata kering. Ada beberapa rekomendasi dari apoteker, lalu saya pun browsing

Tentunya saya jadi tau nih, pengertian dan kondisi mata kering itu seperti apa. Mata kering atau disebut juga dengan istilah dry eye syndrome, atau sindrom mata kering merupakan kondisi ketika air mata tidak dapat melumasi lapisan mata dengan baik. Air mata sendiri merupakan cairan yang terdiri dari air, garam, lemak, protein, dan mucin (sejenis protein) untuk melumasi mata serta menjaga permukaan mata agar tetap halus.

Jadi, pada kondisi normal, air mata akan melumasi permukaan mata ketika berkedip. Namun, pada dry eye syndrome, terdapat gangguan produksi ataupun komposisi air mata yang membuat permukaan mata tidak terlumasi dengan baik, jadilah mata tersebut kering. 

Setelah tau secara detail terkait mata kering, kini cari tau gejala yang termasuk ke dalam sindrom mata kering. Berikut sejumlah gejala secara umum, yang dirasakan oleh pemilik mata kering : 

  1. Mata terasa nyeri
  2. Mata merah dan berair
  3. Sensasi tidak nyaman saat melihat cahaya terang
  4. Kelopak mata terasa berat
  5. Sensasi panas, kering, dan sensasi benda asing
  6. Kelopak mata berkedut
  7. Terasa sulit untuk membuka mata
  8. Penglihatan kabur
  9. Terdapat lendir di dalam atau di sekitar mata, apalagi saat bagun tidur

Setelah tahu gejala umum mata kering, kita juga harus tahu nih, apa saja yang bisa menyebabkan mata kering. Berikut detailnya : 

Secara data Prevalensi mata kering di Indonesia pada rentang 27,5 hingga 30,6 persen & Screen time orang Indonesia hampir 8 jam per hari – lebih tinggi dari rata-rata global.

Penyebab Mata Kering

Jadi, seperti yang sudah di sounding pada tulisan bagian atas. Ada kelenjar yang terletak di atas mata yang dapat memproduksi air mata yang berguna untuk membasahi mata. Mata bisa menjadi kering ketika kelenjar tersebut tidak berfungsi secara normal. 

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan air mata tidak dapat membasahi mata, seperti:

Kelenjar mata tidak memproduksi jumlah air mata yang cukup.

Air mata lebih cepat kering.

Mata kering juga bisa disebabkan oleh : terlalu lama menatap layar ponsel dan laptop serta diimbangi dengan jarang berkedip. Selain itu mata kering bisa juga di sebabkan berbagai penyakit yang mengganggu komponen lemak air mata. Misalnya seperti blefaritis menahun dan distikiasis. Kemudian gangguan kelenjar air mata, seperti sindrom Sjogren, alacrimia kongenital, obat-obat diuretik, atropin, dan faktor usia yang tua.

Bahaya mata kering yang tidak tertangani dengan baik : Mata kering yang tak tertangani dengan baik mengakibatkan penurunan kualitas hidup lantaran penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan optimal, dan menjadi bergantung pada obat-obatan. Bahkan, jika terus dibiarkan bisa merusak permukaan mata akibat peradangan atau infeksi.Jadi please banget, saat mengalami gejala mata kering langsung cari solusi dan diatasi ya. 

Alhamdulillah, mata kering mbak Lala di sebabkan sama penggunaan layar ponsel dan laptop yang memang terlalu lama dan cenderung agak jarang berkedip, ini bahaya banget ya, sehingga menyebabkan mata terlalu kelelahan. Yup, pengunaan laptop dan smartphone di era digital ini jadi hal yang lumrah. Di era digitalisasi, kita semua semakin bergantung dengan yang namanya gadget. Bahkan bermunculan pekerjaan yang bisa dikerjakan via gadget saja. Seperti para social media specialist & para content creator di beberapa platform, terbiasa melakukan take video atau foto yang kemudian di edit pakai smartphone. Sehari-hari, terbiasa juga menatap handphone berjam-jam untuk urgensi pekerjaan. Namun kita pun perlu lebih aware sama kesehatan mata, menjaga mata supaya tidak kering. 

Setelah semua kita ketahui, ada yang kurang nih. ini dia pencegahan mata kering, part yang nggak kalah penting. berikut detail nya : 

Pencegahan Mata Kering

Terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya mata kering, antara lain:

  1. Istirahat kan mata secara berkala
  2. Menggunakan kaca mata pelindung disaat cuaca berangin dan ketika diperjalanan seperti naik kendaraan motor atau sepeda
  3. Upayakan untuk penuhi kebutuhan cairan yang cukup untuk tubuh
  4. Pastikan penuhi kebutuhan tidur
  5. Teteskan Insto dry eyes

Poin nomor lima pasti bikin bertanya “kenapa harus Insto dry eyes?” Oke kita ceritakan secara menyeluruh alasan mendasar dan faktanya ya. Insto dry eyes: Mengandung : Hydroxypropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg.

Jadi, Insto dry eyes mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering, serta mengandung bahan aktif yang bisa meringankan iritasi mata, disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Dari pemaparan tersebut, sangat bisa di simpulkan bahwa Insto dry eyes, tetesan solusi untuk mata kering.

Insto dry eyes tersedia dalam ukuran 7,5 ml. Tersedia di apotek, minimarket dan supermarket, platform online shop, intinya mudah didapatkan.  Adapun cara pengunaan atau pemakaian Insto Dry Eyes : Gunakan 1-2 tetes pada setiap mata, gunakan 3x sehari, atau sesuai anjuran dokter. 

Jadi semenjak mengalami kejadian mata kering, saya kembali mengatur pola hidup sehat, lebih aware untuk mengistirahatkan mata secara berkala dari pandangan ke laptop ataupun handphone. Serta mencukupi kebutuhan mineral tubuh, pasti nya setelah menggunakan Insto Dry Eyes mata kembali nyaman dan bisa lanjut sat-set bekerja menyelesaikan beragam deadline serta makin siap menggapai 2024 lebih produktif dan sehat. Semoga bermanfaat dan membantu para digital savvy untuk care serta aware jaga kesehatan mata. 

Tulisan ini menggunakan beberapa sumber dari : https://jec.co.id , https://www.halodoc.com , https://insto.co.id & https://www.siloamhospitals.com .

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

32 Tanggapan

    1. Iya kalau mata nyeri, pegel dan sepet bawaan nya emang pengen ngucek cuma ngeri sama impact nya bahaya banget..
      Bersyukur ketemu dan cocok sama Insto Dry Eyes, happy banget beneran tetesan solusi..

    1. Enggak cuma mata lelah karena sering kerja di depan laptop sih, lama-lama buka hp atau main di pantai dan tiba-tiba kemasukan pasir bisa juga bikin mata gak nyaman.. intinya Insto Dry Eyes sangat membantu memulihkan mata kering, mata kembali nyaman dan aktivitas kian lancar… 2024 makin sehat dan produktif, semangat.

  1. Kalo aku biasanya pake focus mode di aplikasi windows. Jadi bakal dikasih tau deh tuh kapan waktunya buat istirahat, ga terus-terusan liat layar jadinya.

    Btw kenapa takut mulu ya pake insto tuh. Padahal sebenernya manfaatnya banyak banget, apalagi untuk kita pejuang jalanan yang sering berhadapan sama debu-debu jahat.

    1. Betul, teknologi laptop saat ini cukup bagus juga buat kasih pengingat atau pakai laptop yang layarnya berbasis OLED. Intinya dari kita nya pun harus lebih aware jaga kondisi mata ya, mata merupakan salah satu harta paling berharga banget.
      Pakai Insto enakeun kok, ringan juga enggak semenyeramkan yang dibayangkan, udah gitu bahan-bahan nya pun sangat aman.. Semangat jaga kesehatan mata dan nikmati tetesan ajaib dari Insto Dry Eyes..

  2. Beneran ya, pola hidup sehat dan jangan terlalu morsir mata itu bagian dari hal penting..secara mata adalah asset berharga bagi kita semua. Semangat dan bersyukur menemukan Insto Dry Eyes sebagai solusi buat atasi mata kering, kandungannya aman..

  3. Bener banget insto dry eyes ini bener2 membantu buat mengatasi mata kering akibat terlalu lama di depan gadget ato laptop…aku sekarang jd selalu sedia insti dry eyes dirumah 😊

  4. Kalau mengacu data Prevalensi mata kering di Indonesia Screen time orang Indonesia hampir 8 jam per hari – lebih tinggi dari rata-rata global kayaknya memang begitu adanya haha. Sebab aku salah satu yang termasuk.

    Belom lagi kalo pulang udahnya pake HP (ya kayak sekarang ini hwhw). Makasih banget kepada insto yang udah jadi andalanku selama ini. Kebantu banget mengatasi mata lelah dan iritasi ringan. Walau tentu harus dibarengi dengan istirahat juga ya 🙂

    1. Nah, relate banget yaa sama kita-kita blogger dan content creator, kesehariannya sangat melekat sama HP serta laptop
      Iya banget, tetap harus istirahat cukup, menerapkan pola hidup sehat dan mengatasi mata kering dengan yang terpercaya.. siapa lagi kalau bukan Insto Dry Eyes..

  5. Kayaknya sekarang tuh udah waktunya ‘nyetok’ insto deh di rumah. Soalnya emang beban mata warga negara Indonesia, khususnya Jakarta… itu lumayan berat. Udah mah kena paparan polusi yang terus memburuk dari waktu ke waktu, ditambah pula dari radiasi dan paparan layar yang rutin dilakukan berjam-jam tiap harinya.

    Aku sekarang udah mulai siap sih. Udah ga takut lagi ucluk-ucluk netesin insto ke mata sendiri. Ga kaya dulu, mesti dibantuin sama orang tua perkara netesin doang ahahaha

  6. Harus stok produk Insto di rumah nih. Sering keasyikan scroll sosmed dan kerja depan layar laptop bikin mata lelah kemudian berujung pusing. Kayaknya memang mata akan lebih nyaman kalau pakai produk ini.

  7. Aku sekarang selalu sedia tetes mata ini untuk mengatasi mata kering… punya satu di tas dan satu lagi di meja kerja… (berhubung suka lupa ya kan)…

  8. Aku kan suka bgt traveling di saat winter. Dan itu ga enaknya beneran bikin segalanya serba kering, mulai dari kulit sampai mata. Krn humidity di saat winter itu rendah banget.

    Apalagi kalo negaranya bersalju dan angin. Beuuugh Dobel combo 😁 ke mata. Makanya insto selalu aku bawa tiap traveling. Kemarin trip juga. Dan ampuh Krn pas angin salju, mata pediiih banget. Memang harus ditetesin insto ini.

  9. Mata kering sangat mengganggu kegiatan sehari-hari ya karena mata jadi perih, merah, tak nyaman banget jadi terus kedip-kedip untuk mengurangi gejalanya. Untung ada Insto Dry Eyes

  10. Maat kering ini memang bikin nggak nyaman banget rasanya. Sering alami karena lama terpapar layar gawai. Itu juga karena kerjaan gak bisa lepas dari gadget. Untung sekarang ada Insto Dry Eyes ya yang bisa jadi solusi ampuh buat atasi mata kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.