Search
Search
Close this search box.

Tips Supaya Aktivitas Tetap Lancar Selama Puasa Ramadan

Gimana detik-detik menjelang hari raya lebaran nih Sobat? Semoga puasanya tetap lancar serta maksimal ya. Sadar atau enggak puasa tahun 2024 ini lumayan padat sama aktivitas kantor. Banyak event yang berlangsung secara offline serta nyambil jadi koordinator influencer untuk beberapa project. Luar biasa banget deh.

Kalau enggak pandai-pandai manage waktu serta jaga kesehatan, bisa-bisa nge-drop dan enggak maksimal puasa ramadannya. Sayang banget kan, momen setaun sekali tumbang efek kitanya yang enggak sigap dan berisap lebih strong menghadapi hari-hari di bulan ramadan, bulan ramadan istimewa banget banyak pahal dilipat gandakan. Namun bukan jadi alasan buat nagkir dari beragam tugas serta tanggung jawab pekerjaan. Berikut mbak Lala ada tips singkat seputar manage waktu serta kesehatan selama puasa ramadan.

Tips supaya aktivitas tetap lancar selama puasa ramadan ala Lala :

  1. Konsumsi makanan bergizi serta bernutrisi
  2. Penuhi kebutuhan air putih
  3. Buka puasa diawali dengan konsumsi makanan manis (kurma atau buah-buahan non gas)
  4. Istirahat yang cukup (setidaknya kurangi frekuensi begadang, kecuali urgent)
  5. Makan sahur dengan benar, penuhi kebutuhan gizi dan serat
  6. Usahakan sehabis sahur langsung to do list yang akan dikerjakan hari itu
  7. Sehabis sahur jangan tidur
  8. Sempatkan olahraga ringan atau minimal jalan kaki setiap hari
  9. Perbanyak bersedekah
  10. Sempatkan membaca al-qur’an (habis solat subuh, solat magrib) Syukur-syukur setiap ba’da solat fardhu bisa ngaji minimal 10 ayat.
  11. Jika libur, datang ke kajian atau acara bermanfaat
  12. Usahakan silaturahmi sama keluarga, sahabat baik secara offline atau online.
  13. Kurangi overthinking, stress dan sebisa mungkin tidak berburuk sangka pada siapapun
  14. Kelola emosi secara bijaksana
  15. Sempatkan membaca buku atau ikutan kelas online.

Dari kelima belas list tersebut, memang butuh effort karena tidak semudah yang tertulis saat akan diimplementasikan 100% apalagi saat ramadan, emosi mudah tersulut ya. Dibarengi banyak banget list kerjaan yang mesti diselesaikan, sungguh sangat menantang.

Mengkonsumsi makanan bergizi, berserat menjadi salah satu kunci tetap bugar dan sehat selama puasa ramadan. Cukupi kebutuhan air putih, sesuai usia, berat badan dan aktivitas harian. Kalau mengikuti kemauan, maunya pas buka puasa minum es, makan gorengan dan sambel. Namun apakah itu aman dan baik jika dilakukan secara berlebihan? Tentu ada dampak jelek ya bagi tubuh. Kebayang sudah seharian perut kosong, tiba-tiba diisi makanan yang tidak seharusnya, maka bahaya efek ke tubuh.

Kekurangan air putih juga bikin bahaya banget. Apalagi kurang istirahat dan stress sama beragam pekerjaan yang semakin menumpuk dan bertambah terus. Puasa ramadan tahun ini Mbak Lala mengalami 1 hari yang cukup berat banget. Enggak nyangka bakalan ngalamin hal tersebut, rupaya impact dari stress. Jadi saat itu, harus bantu tim jadi dokumentasi di sebuah event berlokasi di Kebayoran Jakarta. Perjalanan dari rumah ke lokasi 2,5 jam dengan naik KRL + MRT + Ojeg online, enggak ada tanda-tanda badan sakit atau drop, semua baik-baik saja.

Ternyata pukul 16.30 tiba-tiba mata gelap, samar-samar dan saya maksa duduk dulu dengan harapan setelah duduk akan sembuh dan membaik, bukan membaik malah nyeri ulu hati, perut perih, keringat dingin deras, kuping panas, enggak karuan banget deh pokoknya. Beberapa teman langsung menghampiri dan menyarankan buka puasa, jujur hati saya menangis banget, sayang ya tinggal beberapa jam masa buka puasa, tapi kalau enggak buka ngeri malah nyusahin tim dengan kondisi yang lagi enggak baik-baik aja. Setelah minta tolong salah satu teman gantiin kerjaan, minum air putih dan promaag kemudian muntah-muntah dan pait rasanya. “Duh, gimana nanti pulangnya” Diri ini membantin, lumayan jauh perjalanan pulang dan pasti macet juga. Acara kala itu akan selesai pas setelah buka puasa sekitar 18.30 an malam.

Setelah itu, saya membaik dan alhamdulillah bisa naik ojeg online sampai stasiun lalu lanjut naik KRL. untung hanya 2 stasiun berdiri sisanya dapat duduk, bisa merem sedikit dan keringet normal, alhamdulillah badan sudah membaik rupanya. Saya pun menganalisa sebab drop mendadak, rupanya ada beberapa pemikiran yang membuat stress, tapi coba diabaikan saja. Ternyata badan tetap membaca dan menerima sebagai sesuatu yang menyusahkan sehingga timbul asam lambung. Baik tugas saya sekarang gimana caranya relase stress. Tarik nafas, makan buah apel, wudhu dan berdo’a sebelum tidur, berusaha memaafkan beragam hal-hal yang kurang menyenangkan.

Ada undangan buka puasa berasama dari brand dan karena personil lain berhalangan, akhirnya saya ikut untuk datang memenuhi undangan. Kala itu kerjaan lagi lumayan padat merayap, tapi bismillahin aja yah dijalanin semuanya, semoga aman-aman, selalu mencoba memotivasi diri sendiri supaya tetap sanggup dan maksimal dalam situasi serta kondisi yang tidak mudah ini.

Beneran belajar mengambil hikmah banget dari kejadian tersebut karena setelah ini akan banyak kerjaan menanti. Jadi koordinator influencer itu cukup menguras energi, apalagi kalau tipe orang-orangnya enggan membaca brief dan jarang ngecek grup. Ada aja yang mesti di japri bahkan di telpon, beneran luar biasa menguras kesabaran deh hehhehe. Memang tidak semua seperti itu, namun di setiap project pasti ada saja oknum yang memang mageran baca, mageran scrolling, gitu deh. Memicu stress, namun berusaha enjoy dan tenang mengahadapi mereka, karena sejauh ini sudah banyak project yang saya tangani juga, bismillah dimudahkan sampai finish.

Ada aja sih, pas hari H jadwal posting menghilang tanpa kabar, maka harus cepat-cepat telpon dan cari-cari pengganti. Kalau tipe orang yang menghilang dadakan gini, udah otomatis masuk daftar black list. Bukan apa-apa, oknum kaya gini sangat merepotkan sekali. Enggak jarang, Mbak Lala harus double ngerjain juga nih, jadi talent dadakan buat gantiin oknum yang menghilang saat deadline. Banyakin wudhu serta tarik nafas dalam-dalam, serta istigfar.

Kemudian dalam waktu berdekatan ada ajakan untuk jadi kru event zoominar di studio juga, lokasi dari rumah ke studio hampir sama 2,5 jam. Selain jadi kru event harus rangkap beberapa kerjaan online juga, luar biasa memang multitasking tapi enggak boleh sampai ada yang skip dari skala prioritas yang ada. Sangat menantang dan menghabiskan banyak waktu. Begitulah dunia kerja, 10 tahun sudah bekerja di berbagai bidang, ternyata jadi anak agency itu amat sangat berat hehehe. Mungkin jika ada kesempatan mau kembali ke corporate saja ya, hehehehe atau malah berkesempatan jadi orang kementrian di next kesempatan? Ini ngayal tapi gapapa kalau jadi kenyataan dan jika sudah layak mendapatkan posisi tersebut, bismillah siap banget kok.

Alhamdulillah zoominar di studio berjalan lancar dan mbak Lala sempat mengabadikan 1 foto, jujur biasanya banyak hasil dokumentasi namun kali ini karena nyambi A, B, C,D jadi hanya 1 foto saja.

Narasumber zoominar kala itu padahal 2 orang keren dan inspiratif banget buat para wanita Indonesia, sayang enggak ke foto momen saat mereka isi zoominar. Jangankan bisa foto bareng yak hehehe

Kemudian ada event yang harus di hadiri pada hari weekend, event Kumparan MoM Playdate. Hari Sabtu di mall Park Pejaten, Jakarta Selatan. Kala itu dapat amanah buat dokumentasi video serta foto yang kemudian nanti akan di upload pada Socmed kantor setelah approval dari Kumparan.

Setiap kali pukul 21.00 Malam, biasanya saya melakukan ngemil entah camilan buatan rumahan atau camilan beli. Keseringan camilan buatan Bapak atau Mama. Alhamdulillah mereka sangat siaga menyediakan aneka makanan, jadi setelah lelah bekerja bisa makan dan ngemil enak. Kalau enggak begitu bisa-bisa kurang gizi hehehe, capek mikir itu lumayan jadi cara diet tidak terasa. Lihat saja badan Mbak Lala segitu-segitu aja padahal makannya banyak, ekhh..

Buah pepaya hasil bercocok tanam bapake, beliau memang bertangan dingin kalau soal menanam tanaman. Rasanya sangat manis dan warna nya orange kemerahan cakep, sangat bagus sekali. Sayang kebunnya jauh nih, beda kota jadi enggak bisa setiap hari metik atau manen buah.

Suwir tongkol kecombrang adalah makanan yang sering mbak Lala buat untuk meningkatkan selera makan. Bikin versi enggak pedas namun sangat enak, apalagi ditemani sama nasi hangat, mantep banget. Intinya jangan skip makan, apalagi selama menjalankan puasa ramadan. Atur jam makan dan makan makanan enak serta menyehatkan badan. Kita perlu sehat supaya bisa mengerjakan beragam amanah yang diberikan.

Donat home made, ini tuh sangat enak dan bisa jadi camilan setelah solat tarawih. Kalau habis makan donat jangan lupa minum air putih serta gosok gigi ya.

Nasi Biryani yang dimasak sendiri. Beli beras kemasan yang lengkap rempag-rempah, lalu ditambahkan hati dan ampela ayam saat memasaknya, kemudian diberikan tambahan potongan mentimun. Rasanya enak dan dimakan pas masih hangat. Habis solat magrib, bisa nih dimakan. Jadi pas buka puasa diawali sama minum air putih, makan kurma atau buah-buahan, lanjut solat magrib dan setelah solat lanjut makan nasi.

Nah, kalau kangen banget sama es, coba makan atau minum es nya pas jam-jam setengah 9 malam, ditutup dengan minum air putih serta gosok gigi.

Sebentar lagi ramadan meninggalkan kita semua, rasanya sangat sedih serta kehilangan. Merasa kurang maksimal mengisi ibadah ramadan tahun ini karena banyak sekali amanah duniawi yang mesti di selesaikan, harapannya semoga sang pencipta menerima segala amal ibadah serta mengampuni segala salah dan khilaf yang di lakukan selama puasa ramadan tahun ini. Bismillah kita semua bisa mengambil banyak hikmah dari puasa ramadan tahun ini dan menyambut hadirnya hari lebaran dengan penuh suka cita. Mari bersilaturahmi dengan bijaksana, kurangi basa-basi dan kepo, bisa jadi part itu menyakiti orang-orang sekitar, mari lebih berempati lagi ya. Semangat sampai garis finish semoga tips supaya aktivitas tetap lancar selama puasa ramadan ala Lala, bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kalimat atau tips yang kurang relate.

Terima kasih sudah menyempatkan waktunya yang berharga untuk membaca artikel ini, barakallah ya. Have a great day, semoga kebahagian serta keberkahan senantiasa menyertai.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.