Tren Digital Marketing 2023

Hallo Sobat Lalakitc, gimana kabarnya? mumpung masih awal tahun, yuk kita bahas Tren Digital Marketing 2023. Sebagai pelaku bisnis, penting banget buat memahami tren digital marketing untuk diimplementasikan ke dalam bisnis.

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Tren Digital Marketing 2023 :

Content Marketing

Strategi content marketing yang tepat, bisa membuat Sobat mencapai marketing objective yang telah ditentukan. Strategi yang dimaksud bukan hanya mencakup jenis konten yang dibuat, tetapi juga proses dari hulu ke hilir yang harus terencana secara optimal. Mulai dari proses planning, dokumentasi sampai dengan evaluasi.

Influencer Marketing

Jika dibandingkan dengan tradisional marketing, jangauan influencer marketing dinilai lebih luas dan tepat sasaran seperti dilansir oleh Digital Marketer. Dikarenakan influencer memiliki audiens yang luas dan niche spesifik yang cocok dengan niche suatu brand.

Strategi influencer marketing ini berkaitan erat dengan sosial media marketing. Di setiap platform media, pasti terdapat influencer dengan karakternya masing-masing.

Digital Experience

Tren digital marketing tahun 2023 juga diprediksi akan lebih fokus pada optimasi pengalaman pengguna. Di era digital saat ini, semua orang punya ekspektasi tinggi terhadap proses transaksi yang serba instan.

Penting banget bagi perusahaan untuk merumuskan cara agar pelanggan betah berlama-lama berinteraksi dengan brand. Contoh sederhana ketika pelanggan mengunjungi website perusahaan. Jika pelanggan atau konsumen mengalami kendala : loading sangat lama, copywriting tidak jelas & informasi produk/layanan. Ada kemungkinan para konsumen akan meninggaljan website dan mencari referensi dari kompetitor lain.

Email Marketing

Pemanfaatan email marketing masih dinilai efektif meski di tengah banyaknya inovasi teknologi marketing. Contohnya Sobat Lalakitc mengikuti akun media sosial makanna favorit. Apakah Sobat bisa melihat setiap konten yang mereka buat? Kemungkinan, Sobat melewatkan beberapa kontennya. Hali ini disebebkan oleh timing, filer maupun algoritma media sosial.

Hal tersebut tidak tersebut tidak terjadi pada email marketing, di mana info promosi dapat terkirim ke semua target konsumen.

Livestream Shopping

Livestream shopping kini semakin tren dan booming, banyak dimanfaatkan oleh brand untuk meningkatkan penjualan. Selain itu secara jangkauan dapat menjangkau lebih luas audiens. Tentu akan meningkatkan potensi pembelian, menarik yaa semakin banyak peluang yang ditawarkan, tinggal bagaimana kita memanfaatkan situasi serta kondisi.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat Lalakitc, semakin sukses dalam menjalankan digital marketing.

Yuk Subscribe!

Dapatkan artikel-artikel terbaru dari Mbak Lala langsung ke inbox kamu. Caranya cukup dengan isi kolom berikut dengan alamat email kamu yaach...

Bergabung dengan 5 pelanggan lain